Transportasi perkotaan masa depan dengan kecepatan hingga 150 km per jam

Transportasi perkotaan masa depan dengan kecepatan hingga 150 km per jam

Pertama kali saya membaca tentang transportasi dawai pada tahun 80-an di majalah yang saat itu terkenal, yaitu "Tekhnika – Molodezhi". Gambar yang sangat futuristik, yang menampilkan perancang muda Anatoly Yunitskiy, dan begitu menyihir saya: sistem antarplanet, cincin transportasi raksasa, stasiun luar angkasa...
Digambarkan pula bawa dalam jangka waktu empat puluh tahun pikiran berani seperti ini akan dapat menjadi kenyataan dan mengubah dunia. Dan empat puluh tahun berselang, dalam sebuah pameran di Moskow, saya menemukan sebuah gerbong dengan tulisan di atasnya "Transportasi Dawai Yunitskiy". Bukankah ini orang yang sama?..
Saya menghampiri tempat itu dan mulai bertanya. Dan tahu bahwa "Yunitskiy segera mendekat dan menceritakan semuanya sendiri". Saya menjadi begitu gugup karena saya bertemu langsung dengan sang perancang yang artikelnya pernah saya baca waktu saya kecil. Beberapa menit kemudian, seorang pria berambut kelabu dengan sinar kehidupan dan keceriaan yang masih terpancar dari matanya pun muncul, beliau mengundang saya ke dalam gerbong yang sangat nyaman itu. Sambil memerhatikan brosur yang diberikan, saya dengan hati-hati bertanya: mimpi Anda menjadi kenyataan, Anda telah menantikan peristiwa semacam ini saya rasa…
– Saya tidak menunggunya, – jawab Anatoly Eduardovich. – Ilya Muromets yang menunggu, sedangkan saya bekerja. Empat puluh tahun dari sebuah ide menjadi sebuah kenyataan. Untuk transportasi, jangka waktu ini sangatlah singkat. Misalnya saja, dari sebuah gagasan tentang kekang kuda hingga penerapannya dalam skala besar-besaran memerlukan waktu kurang lebih tujuh ratus tahun, dan hingga pelana digunakan– seribu. Jadi, silakan baca.

SELURUH JALANAN: REL DAN LINTASAN LAYANG MILIK
Yunitskiy telah tercantum di lebih dari 140 penemuan dan 250 karya ilmiah. Untuk menciptakan transportasi dawai di Belarusia, dibukalah "EkoTeknoPark", di mana Anda dapat menyaksikan apa yang sebelumnya hanya terdapat dalam desain dan gambar. Menurut perkataan sang perancang, telah dibangun kira-kira tiga kilometer area uji coba, dan satu lagi jalur sepanjang 21 kilometer yang akan digunakan untuk transportasi berkecepatan tinggi, yang saat ini tanahnya tengah digali.
– Di sana kami berencana untuk mencapai kecepatan hingga 500 kilometer per jam, – Anatoly Yunitskiy menekankan. – Secara prinsip, ini merupakan jenis alat transportasi baru tanpa permukaan yang solid. Pergerakan roda utama akan mengikuti dua rel dawai yang sangat tipis dan rendah konsumsi material. Biaya tiang pancang 10-20 kali lipat lebih murah daripada biasanya, selain itu mereka akan jauh lebih ringan, sekaligus kokoh, bahkan Anda tidak akan melihat bayangan dari rel tersebut. Seluruh jalanan: ukuran rel adalah seperti ini (beliau menunjukkan garis setebal 3-4 sentimeter. – Referensi penulis.) dan tiang pancang akan didirikan dalam jarak setiap lima kilometer. Ini bukan jembatan yang akan menutupi langit dan memerlukan ribuan ton baja atau beton.
Untuk menghindari perubahan bentuk akibat suhu, rel akan diregangkan seperti senar. Untuk jalan layang dan pasangan roda, pada prinsipnya tengah dikembangkan sebuah solusi baru. Telah dikembangkan sebuah varian kargo dengan kapasitas sarana perkeretaapian hingga 20.000 ton, sedangkan untuk penumpang dijanjikan akan lebih hemat anggaran. Ini, seperti yang dikatakan oleh penemunya, sama seperti metro terbang, yang dapat pergi dalam interval waktu dua detik. Perkiraan kecepatan adalah 150 kilometer per jam, dan jauh lebih murah seratus kali lipat.
Teknologi ini cukup mendapatkan banyak kritik, namun konstruktor berhasil menemukan banyak investor dan sedikit demi sedikit dapat membuat perusahaan SkyWay tetap terus melaju ke depan.

DENGAN FONDASI SEPERTI INI PERMAFROST TIDAK AKAN MENCAIR
Menurut perhitungan Yunitskiy, transportasi dawai dapat dibangun di wilayah apa pun, bahkan dalam hal ini adalah di wilayah kutub utara. Masalah terkait angin kutub dan suhu yang rendah dapat diselesaikan berkat rendahnya lapisan struktur dan baja yang tahan karat.
– Misalnya saja, di daerah Anda yaitu Distrik Otonomi Yamalo-Nenets, ini jauh lebih mudah dibangun. Karena untuk meletakkan fondasi di tengah badai musim dingin dan permafrost abadi jauh lebih mudah daripada membangun di rawa-rawa yang ada di Belarusia.
Dan di Arktik, menurut perancangnya, lintasan dawai akan menjadi jauh lebih awet dan tahan lama daripada biasanya.
– Di Arktik dilarang untuk membuat lintasan biasa karena pada musim panas semuanya akan mencair dan lintasan pun dibanjiri air. Kami dapat membuat fondasi semacam ini, di mana dingin akan dikirimkan ke tanah dan es pun akan membeku, karena itu di musim panas juga tidak akan mencair, – ujar konstruktor.
Dalam video demo, mobil listrik di atas roda baja bergerak di sepanjang rel dawai, yang memiliki margin keamanan sepuluh kali lipat, dan jarak di antara tiang pancang mulai dari 400 meter hingga lima kilometer. Keuntungan dari transportasi Yunitskiy sangatlah banyak, namun yang paling utama adalah ramah terhadap lingkungan.
– Di bawah aspal dan beton terkubur wilayah yang luasnya sama dengan wilayah Britania Raya. Tanah ini mati dan tidak bernapas. Dan kita dapat membebaskan tanah ini sekaligus mengembalikannya ke fungsi yang semula, – Yunitskiy meyakinkan.

PERCEPATAN DITAWARKAN KE SETIAP WILAYAH
Untuk menerapkan gagasan tersebut, seluruh industri transportasi perlu dibangun ulang, dan proses ini, seperti yang umum diketahui, memakan waktu yang tidak sedikit. Pada tahun yang lalu, proyek Yunitskiy diakui sebagai inovasi di Rusia, yang mana hal ini membuka peluang yang jauh lebih besar.
– Ketika kami berhasil melalui proses sertifikasi, maka kami akan dapat berpartisipasi dalam semua tender dan menawarkan proyek kami ke berbagai wilayah di Rusia, – papar beliau.
Hingga saat ini, semua upaya untuk menciptakan transportasi masa depan telah dikalahkan oleh metro yang konservatif dan kereta api yang sudah teruji kelayakannya. Pada tahun 60-an sebuah rel jalan raya telah diperhitungkan di wilayah Kamchatka, dengan panjang 500 kilometer, serta monorel untuk daerah kutub Norilsk – Salekhard. Namun, proyek ini hanya berhenti di atas kertas semata. Di Moskow juga telah dibangun lintasan monorel, namun kemudian hal ini diakui kurang efektif, dan pada tahun 2018, akan dilakukan pembongkaran sebagian, dan meninggalkan sebagian lainnya untuk objek wisata... Seberapa menguntungkannya "dawai" dalam waktu 40 tahun ke depan adalah hal yang harus dipecahkan oleh para spesialis. Masih saja ada orang-orang yang bersikap skeptis, namun saat ini setidaknya mereka memiliki sesuatu untuk dilihat atau dinaiki di teknopark di Minsk. 

TRANSPORTASI DAWAI MEMERLUKAN SERTIFIKASI
"KS" mengetahui bahwa pencipta transportasi dawai menawarkan kepada Departemen Pemasyarakatan Yamal untuk mempelajari hasil kerjanya dan kemungkinan untuk penerapannya. Apa solusi dari para ahli?
Menurut perkataan sekretaris departemen transportasi dan perhubungan Aleksandr Pavlik, para ahli tidak menyetujui ide sang perancang asal Belarusia ini. Dan kesimpulan singkat mereka adalah sebagai berikut: "Mahal dan tidak efektif untuk wilayah Arktik".
– Semuanya yang ditawarkan oleh Yunitskiy sama saja, semua bisa dilakukan dengan bantuan infrastruktur yang sudah ada dan biayanya malah jauh lebih murah. Karena itulah tidak perlu membangun yang baru. Lagipula, sistem ini hanya prototipe. Selama mereka belum melalui proses sertifikasi yang diperlukan dalam struktur federasi, mereka hanya akan tetap berdiri di tempat yang sama, – jelas mereka dalam departemen tersebut.
Sedangkan terkait inovasi transportasi dalam program penerapan di wilayah Yamal, sama sekali belum dilaksanakan sedikit pun.
Penulis - Sumber

Belum jadi Mitra SkyWay???
http://www.skyway.web.id/p/daftar.html